Dubes Amerika Puji Kepala Daerah Peduli Disabilitas --- Sambut Presiden RI Baru, Muba Ucapkan Selamat --- Ditemukan Penyakit Marbug Di Uganda --- Riau Bisa Miliki Dua Wagub

Nusantara

Bandara Miangas Buka Akses Ekonomi Talaud

Manado, InfoPublik - Kepala Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Sulawesi Utara Joi Oroh menyatakan rasa optimistis bahwa dengan dibangunnya Bandara Miangas, Kabupaten Talaud, akan membuka akses ekonomi daerah setempat.

"Bukan tidak mungkin dengan dibukanya bandara ini produk-produk potensial seperti perkebunan dan perikanan semakin mudah dipasarkan ke luar daerah, tanpa harus menggunakan transportasi laut," katanya di Manado, Selasa (1/10).

Tak hanya itu, menurut dia, pembeli-pembeli dari luar Pulau Miangas dapat langsung melakukan transaksi dengan warga setempat, dan tidak menunggu sampai berhari-hari menggunakan kapal laut untuk tiba di pulau tersebut.

Dia mengatakan, satu-satunya cara untuk mengeluarkan produk pertanian, perkebunan serta potensi kelautan dan perikanan adalah lewat laut dengan memanfaatkan kapal yang sandar sepekan hingga dua pekan sekali.

Karena itu, terbukanya akses transportasi udara yang menggunakan Bandara Miangas, akan memangkas jarak dan waktu, sekaligus memberikan kemudahan bagi warga pulau terhindar dari isolasi akibat cuaca buruk.

"Kalau laut bergelombang, sudah pasti distribusi manusia maupun barang menjadi terganggu. Kapal sukar sandar dan bongkar muat di dermaga," katanya.

Pemerintah pusat dan daerah terus berupaya memangkas persoalan-persoalan transportasi dengan menyediakan alternatif lain lewat udara. "Pembangunan bandara ini sementara dalam pematangan tanah untuk landasan pacu. Mudah-mudahan sesuai dengan rencana bisa diselesaikan pada tahun depan," katanya.(mcsulut/flu/toeb)

 

Polling

Bagaimana pendapat Anda atas informasi yang kami berikan melalui website ini?