Alokasi Kuota Haji Reguler 2014 Sebanyak 155.200 Jamaah

Nusantara

Kepala Kampung Tidak Boleh Buat Perencanaan Sendiri

Merauke, InfoPublik -  Bupati Merauke, Drs. Romanus Mbaraka, MT mengingatkan para kepala kampung serta aparatnya untuk tidak membuat perencanaan sendiri, berkaitan dengan  penggunaan dan atau pemanfaatan Alokasi dana Khusus (ADK) yang diturunkan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Merauke setiap tahun.

Peringatan itu disampaikan Bupati Mbaraka, ketika ditemui Senin (15/7). Menurutnya, dalam setiap kesempatan ketika melakukan dialog bersama masyarakat dari satu kampung ke kampung lain, dirinya selalu mengingatkan kepala kampung serta aparatnya merangkul masyarakat dan membicarakan secara  baik-baik pemanfaatan dana dimaksud. Karena nilainya setiap tahun, terus mengalami peningkatan.

Dalam tahun ini saja, demikian Bupati Mbaraka, hampir semua kampung mendapatkan dana senilai Rp 500 juta. Tentunya dengan dana besar yang diturunkan itu, diharapkan dapat digunakan dan atau dimanfaatkan dengan sebaik mungkin untuk berbagai kegiatan.

Caranya, katanya, sangat sederhana saja. Dimana, kepala kampung bersama perangkatnya, mengundang masyarakat baik anak kecil hingga orang dewasa, untuk duduk bersama dan membicarakan apa yang hendak dikerjakan.

Apalagi,  lanjut Bupati Mbaraka, setiap program yang dibuat itu, nantinya dikerjakan secara bersama-sama. Tidak ada pihak ketiga yang ditunjuk dalam menyelesaikan pekerjaan.

“Saya menginginkan dan mengharapkan agar masyarakat yang  menyelesaikan setiap pekerjaan fisik. Karena nantinya mereka yang menikmati juga,” tandasnya.

Ditambahkan, jika ada persoalan yang dihadapi, agar segera dikonsultasikan ke distrik hingga kabupaten. Program akan berjalan baik jika musyawarah dan mufakat dihasilkan secara bersama.

“Tidak boleh aparat kampung jalan sendiri-sendiri. Karena itu akan menimbulkan permasalahan di kemudian hari. Jadi, peran kepala kampung sangat penting. Karena harus menggerakan dan mendorong semua masyarakat di kampung,” katanya. (03/mcmerauke/Kus)